Tips Membuat Gambar dari CCTV Terlihat Bagus

Untuk menghadirkan tampilan gambar yang bagus saat disaksikan pada monitor atau layar televisi, maka kamera CCTV harus memenuhi ketentuan persyaratan yang wajib untuk diketahui bagi setiap calon pembeli. Ini dilakukan agar kamera CCTV yang dibeli oleh pembeli adalah benar tepat sesuai dengan kebutuhan rungan / area yang ingin diawasi. Jangan sampai ada keluhan, kok gambarnya buram atau gelap ketika CCTV sudah terpasang. Tentu ini mengecewakan bukan?

Oke, sebenarnya apa saja sih persyaratan kamera CCTV yang dapat menghasilkan gambar bagus :

  1. Ukuran sensor, saat ini kamera pengawas menyediakan dua pilihan ukuran sensor, yaitu 1/4 inchi dan 1/3 inchi. Tentu saja dengan ukuran sensor yang besar maka tampilan gambar menjadi lebih bagus. Selain itu, memilih ukuran sensor yang besar yaitu 1/3 inchi akan sangat membantu ketika kondisi ruangan / area yang ingin diawasi CCTV berkondisi agak gelap. Sebab pixel penangkap gambar yang terdapat pada sensor ukuran besar punya kepekaan cahaya yang lebih tinggi.
  2. Jenis sensor. Saat ini sensor penangkap gambar yang menjadi mata dalam kamera CCTV tersedia dalam 2 jenis yaitu sensor CCD dan CMOS. Kamera pengawas dengan sensor CCD lebih banyak ketimbang sensor CMOS hal ini dikarenakan teknologi CCD sendiri merupakan teknologi yang sudah lama digunakan dalam kamera digital atau kamera video. Sementara sensor CMOS merupakan teknologi baru dan hingga saat ini kamera CCTV dengan sensor CMOS masih berharga cukup mahal. Untuk persoalan kualitas gambar, mari kita bahas satu-persatu.
    1. Sensor CCD sepertinya lebih cocok digunakan untuk indoor karena mampu menangkap gambar dalam kondisi kurang cahaya dan setiap pixel sensor memiliki kualitas gambar yang sama. Sehingga tidak akan terjadi gambar menjadi agak gelap pada area tertentu karena antara sensor dengan konverter (pengubah sinyal analog menjadi sinyal digital untuk menangkap gambar) terpisah.
    2. Sensor CMOS sendiri lebih cocok untuk outdoor, alasan sederhana karena sensor ini merupakan teknologi terbaru yang dapat memproses gambar dengan lebih cepat. Maksudnya antara gerakan nyata dengan gerakan yang terekam oleh sensor CMOS tidak ada keterlambatan (seperti gerakan aslinya). Selain itu, penggunaan CCTV dengan sensor CMOS (yang biasanya ada di semua IP Camera) tidak membutuhkan daya dan tegangan listrik yang besar. Sehingga sangat cocok jika memilih kamera outdoor jenis sensor CMOS untuk sebagai CCTV Outdoor untuk menjaga keamanan luar ruangan selama 24 jam non-stop.
  3. Lensa. Lensa yang tepat juga dapat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dapat ditampilkan CCTV. Sebab lensa bertugas untuk memfokuskan cahaya agar mampu ditangkap oleh sensor. Sebenarnya ada beberapa tipe lensa yang ada pada kamera CCTV namun agar lebih jelas tentang lensa ini akan dibuat dalam satu artikel di Mengenal Berbagai Lensa CCTV.